Anak Indigo: Siapakah Mereka?

indigo-anak-psikologi

Kata Indigo dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah “warna biru tua yang diperoleh dari tumbuhan nila atau tarum”. Anak Indigo merupakan istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang synesthete bernama Nancy Ann Tappe dalam bukunya yang berjudul Understanding your life through color. Disebutkan sebagai anak indigo karena warna aura yang terpancar adalah warna indigo atau biru tua, aura sendiri cahaya yang dipancarkan oleh manusia dan hanya dapat dilihat dengan foto aura atau oleh seseorang yang memang memiliki kelebihan untuk dapat melihat cahaya aura.

Lalu apa bedanya mereka dengan anak-anak lain? Mungkin pertanyaan itu juga yang mengakibatkan banyaknya terjadi spekulasi tentang fenomena kemunculan anak-anak yang dikatakan ajaib ini, secara kasar perbedaan mereka dari anak-anak yang lahir sebelumnya adalah mereka terlahir dengan seperangkat atribut psikologis yang berbeda dan belum pernah terdokumentasikan pada generasi sebelumnya.

Secara fisik anak indigo memang sama dengan anak-anak lainnya tetapi mereka memiliki batin yang tua (old soul), sehingga mereka sering kali menunjukan kepemilikkan jiwa orang yang lebih dewasa dibandingkan dengan jiwa konservatif yang biasa muncul didalam anak seusianya. Ditambah mereka juga terkadang memiliki kemampuan intuisi yang sangat mengagumkan, dan seringkali memiliki IQ yang berada pada tingkat diatas rata-rata.

Kemampuan Intuisi yang mereka miliki membuat mereka menjadi begitu istimewa, terkadang mereka dapat menebak apa yang belum terjadi tanpa adanya proses rasionalisasi dan juga proses intelektualitas. Inilah yang membuat mereka sangat istimewa, indera keenam yang mereka miliki bekerja lebih aktif dibandingkan dengan manusia dari generasi sebelumnya.

Selain itu kecerdasan spiritual yang menakjubkan membuat anak indigo menjadi manusia dengan kesadaran spiritual yang tinggi, dimana mereka memiliki tujuan tersendiri dalam kehidupan ini, dengan pemaknaan yang mendalam serta komitmen dalam bertujuan. Kecerdasan spiritual yang mereka miliki bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan kearifan di luar ego atau jiwa sadar sehingga menjadikan mereka manusia yang benar-benar utuh secara intelektual, emosional dan spiritual.

Tidak ada catatan jelas yang dapat menentukan kapan tepatnya untuk pertama kali anak indigo terlahir, namun sebagian ilmuwan berpendapat pada akhir tahun 1970-an merupakan tahun kelahiran mereka yang pertama, dan semakin bertambah untuk tahun-tahun berikutnya.

Pada awal kemunculannya para anak indigo lebih dianggap sebagai penderita suatu kelainan atau menderita suatu penyakit, mereka sering di cap sebagai pengidap ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) yang biasa disebut gangguan hiperaktif kekurangan perhatian, ADD (Attention Deficit Disorder) gangguan kekurangan perhatian,  dan juga autis. sehingga mereka sering diusahakan agar sembuh dari suatu label penyakit yang tidak benar adanya.

Lee carroll & Jan tobber dalam bukunya The Indigo Children mengemukakan 10 ciri umum dari anak Indigo, yaitu:

  1. Mereka memasuki dunia dengan perasaan keningratan (dan sering kali bertindak seperti itu).
  2. mereka memiliki perasaan “pantas untuk berada di sini”, dan terkejut jika orang lain tidak berpandangan seperti itu.
  3. harga diri bukanlah persoalan besar. Mereka sering memberitahu orang tua mereka tentang “siapa diri mereka”.
  4. mereka memiliki kesulitan dengan otoritas absolut (otoritas tanpa penjelasan atau pilihan).
  5. mereka benar-benar tidak akan melakukan hal-hal tertentu, sebagai contoh; menunggu di antrean sangat sulit bagi mereka.
  6. mereka merasa frustasi dengan sistem yang berorientasi pada ritual dan tidak memerlukan pemikiran kreatif.
  7. mereka sering melihat cara-cara yang lebih baik dalam melakukan segala sesuatu, baik di dalam rumah maupun di sekolah, yang membuat mereka tampak seperti perusak sistem, tidak patuh pada sistem apapun.
  8. mereka tampak antisosial kecuali jika mereka bersama dengan orang-orang yang sejenis dengan mereka. Jika tidak ada orang lain yang memiliki kesadaran yang sama disekitar mereka, mereka sering berpaling kedalam diri, merasa seperti tidak ada orang lain yang memahami mereka. Sekolah sering kali menjadi luar biasa sulit bagi mereka secara sosial.
  9. mereka tidak akan bereaksi terhadap disiplin “rasa bersalah”
  10. mereka tidak malu memberitahu anda tentang apa yang mereka butuhkan.

Selama ini fenomena anak Indigo terlihat lebih menyita dunia spiritual yang berujung pada magis dan para-psikologis dalam pembahasannya, sehingga bagi mereka yang berpegang pada positivisme akan segera menolak keberadaan anak indigo. Jika ada anggapan kalau para Indigo adalah para anak setan yang harus dimusnahkan dan haruskah kita menghabiskan seluruh generasi yang baru itu dengan melakukan genosida atau pemusnahan massal, Atau mungkin juga ada anggapan kalau para indigo merupakan para malaikat yang terlahir sebagai manusia, kalau memang demikian adanya pasti akan tercipta suatu kehidupan yang sangat baik di masa yang akan datang. Perdebatan tentang mereka sampai saat ini masih terus berlangsung.

Banyak yang mengaitkan ramalan Notradamus tentang dunia masa depan yang akan dipimpin oleh manusia-manusia bersorban biru dimana sorban biru itu kini diartikan dengan kehadiran anak-anak dengan aura indigo ini. Ada juga yang melihat bahwa para anak indigo merupakan suatu reinkarnasi dari orang-orang terdahulu, bukan hanya dari jiwa orang yang telah meninggal dunia di bumi tapi juga dari jiwa makhluk lain dari dimensi yang lain, biarlah pandangan itu diyakini oleh mereka yang meyakini, yang jelas mereka, para indigo, akan segera menguasai seluruh muka bumi, karena berdasarkan hasil penelitian ternyata pada tahun 2006 saja 80% dari anak-anak yang terlahir memiliki aura berwarna Indigo.

Dengan demikian fenomena indigo bukanlah sesuatu hal yang dikatakan aneh lagi, hanya sebagai sebuah bentuk nyata dari evolusi kesadaran manusia. Mereka ada disekitar anda, hidup bersama anda, dan mungkin juga salah satu dari mereka adalah anda.

Sumber yang dipakai:

Lee carroll & Jan tobber, 2006, The Indigo children, BIP, Jakarta

Wayne Dosick Ph.D & Ellen Kaufman Dosick, MSW, 2007, 17 emosi negatif anak indigo – terapi mental dan perilaku, BIP, Jakarta

http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/01/17354487/anak.indigo.agen.perubahan

http://www.indigochild.com/wikipedia.html

http://www.indigochild.com/News-NYT.html

Amarildo Rizkia

Adalah seseorang yang memiliki obsesi tersendiri dalam membahas segala macam teori yang berhubungan dengan gangguan mental, dimana hal tersebut diawali saat berkuliah jurusan psikologi di Universitas Persada Indonesia Y.A.I sebagai angkatan 2003. Favorite quote-nya adalah “ke psikolog bukan berarti orang gila.”

    31 Comments
    • Nia Janiar
      Reply September 12, 2009

      Nia Janiar

      Dulu suka ada anggapan bahwasanya anak yang gifted itu pasti indigo. Kalau dilihat dari bacaan di atas, berarti yang membedakan anak gifted dan indigo itu adalah sisi spiritual yang lebih besar?

      Apa ya penyebab mereka memiliki aura indigo?

    • amarilldo
      Reply September 12, 2009

      amarilldo

      spiritualitas yang tinggi merupakan ciri utama dari para Indigo, kalau dikatakan yang membedakan, maka sebenarnya hanya masalah apakah anak gifted terebut memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi. namun menurut gw sendiri setiap anak Indigo pastilah berbakat dan tidak semua anak berbakat adalah Indigo.

      masalah apa yang menyebabkan mereka memiliki aura berwarna Indigo berdasarkan penjabaran dari Nancy ann Tappe sendiri hal ini terjadi sebagai suatu siklus dari manusia, jadi pada zaman sebelum kelahiran anak indigo aura yang menguasai manusia adalah warna jingga dan warna Indigo tidak ditemukan pada seorangpun. masalah aura ini jika dibahas mungkin akan menjauh dari kazanah ilmu psikologi pada umumnya, namun ternyata aura itu (lagi-lagi menurut Nancy ann Tappe dalam The Indigo Children) muncul dan hilang dari diri manusia pada setiap jaman, atau mungkin warna suatu aura ditemukan pada makhluk lain seperti tumbuhan atau hewan.

      Hu Allah Hu Alam

    • Reply September 13, 2009

      Whisnu Thomas, S.Psi

      Apa itu? sama sekali ga empiris. Itu foto aura valid dan reliable ga? kabarnya satu orang difoto berulang-ulang bisa beda-beda warnanya..Itu alat ga reliable namanya.. tambah lagi, gw pernah ketemu satu anak indigo (malah pernah jadi bintang tamu di Kick Andy) tapi nyatanya ga ada kelebihannya tuh, bahkan kuliah semester awalnya aja hampir semua mata kuliah ga lulus, sama sekali ga bisa dibandingin dengan anak-anak gifted.

      Ruang Psikologi bahas yang ilmiah-ilmiah donk, jangan jadi yang begituan.. lama-lama isinya jadi bahas tentang hantu, lucid dream, murphy’s law, out of body experience, dll. Jadi ga penting deh ntar..

    • Reply September 13, 2009

      vendy

      “mereka memiliki kesulitan dengan otoritas absolut”

      poin yang positif buat sayah :D
      tapi kalau dibilang anak indigo itu berbakat, bakatnya itu sendiri lebih condong ke arah spiritualitas gitu?

      btw, aneh juga masih ngait2in sama ramalan om Nostradamus. apa si om juga bisa baca aura selain ngeramal?

    • amarilldo
      Reply September 13, 2009

      amarilldo

      @Whisnu Thomas, S.Psi: memang terkadang pembahasan tentang anak indigo merupakan sesuatu yang menyimpang dari sesuatu yang empiris, bahkan para positivis sangat menentang pembahasan masalah Indigo dalam dunia psikologi seperti yang terlalu memiliki hubungan denga suprantural yang bersifat ‘miring’. namun pembahasan dari ruang psikologi bukan untuk memberikan suatu masukan tentang masalah supranatural melainkan melakukan penerangan tentang apa itu anak Indigo, serta sangkaan-sangkaan yang berada disekitarnya.

      sebenarnya acara yang ada di Kick Andy memberikan saya Ide untuk menulis tulisan ini, saya yang tadinya tidak meyakini malah jadi penasaran, bahkan merasa ada pembenaran kalau mereka itu ada. namun ternyata masalh Indigo bukanlah sesuatu yang luar biasa setelah diketahuai bahwa akhirnya semua orang adalah Indigo.

    • amarilldo
      Reply September 13, 2009

      amarilldo

      @Vendy: pengaitan masalah Notradamus adalah salah satu bentuk dari sekian banyak mitos tentang keberadaan Indigo. jadi bukan pendukung suatu keberadaan Indigo namun hanya salah satu dari banyak mitos disekitar mereka :)

      spiritualitas dan juga supranatural terkadang merupakan sesuatu yang berada disekitar mereka, sejak booming masalah indigo banyak orang yang bertanya tentang apa yang menjadikan mereka begitu istimewa, dan ternyata keistimewaan mereka berada pada atribut psikologis yang mereka miliki yaitu bentuk kesadaran yang lebih ‘tinggi’.

      maksud tulisan ini bukan untuk melencengkan dunia psikologi, namun pembahasan Indigo setidaknya pernah ada dalam dunia psikologi, walau memiliki banyak tentangan dari banyak pihak. namun pengkaitan psikologi transpersonal dengan indigo ternyata sangat diminati pada waktu belakangan ini karena sama-sama memiliki pembahasan dunia spiritual.

    • Reply September 13, 2009

      vendy

      mungkin agak sedikit sulit, berhubung sebagian besar dari kita adalah masyarakat awam yang enggak bisa baca aura, dan mungkin malah enggak tahu aura itu apaan (salah2, ntar malah sebut bakso urat)

      btw, ada 2 poin yang mungkin susah saya tangkap:
      1. kesadaran? definisinya apa tuh? berkaitan dengan spiritualisme kah?
      2. mitos anak indigo mungkin agak sedikit sulit dicerna bila dikaitkan dengan ramalan. ada alasan kenapa tema indigo tiba-tiba ngetrend? saya belum nemu artikelnya

    • amarilldo
      Reply September 13, 2009

      amarilldo

      @Vendy: terima kasih Vendy atas pertanyaannya. :)

      Aura memang benar bagi masyarakat awam di Indonesia lebih dikenal sebagai bakso urat atau mungkin Aura kasih…hehehe…

      aura sendiri adalah sebuah cahaya yang terpancar dari dalam tubuh manusia, namun aura seperti diketahui pada masa dewasa ini sudah dijadikan sebagai bentuk terapi tersendiri walau dalam beberapa kasus ternyata keberadaannya banyak mengalami pertentangan, mulai dari keberadaan dan juga kebenarannya, bahkan untuk di Indonesia dikatakan bahwa terjadi penipuan ilmiah dibalik foto aura (akrilian).

      aura indigo, dikatakan demikian dikarenakan warna yang mereka pancarkan, dan itu sebagai penanda bahwa jelas mereka berbeda dari generasi sebelumnya. dan jelas dalam dunia psikologi sendiri tidak akan menggunakan aura sebagai alasan penentu bahwa mereka adalah Indigo, melainkan lebih kepada atribut psikologis yang mereka tunjukkan dalam perilaku.

      untuk masalah kesadaran spiritual atau lebih tepatnya kecerdasan spiritual seperti yang dijelaskan Danah Zohar dan Ian Marshall dalam spiritual intelligence, tentang tujuan hidup dan dari hakikat keberadaan manusia dalam kehidupan dunia ini, dimana kesemuanya diklaim sebagai ‘the ultimate intellgence’. dengan demikian saya sebut sebagai bentuk kesadaran tersendiri atau lebih tinggi.

      tema Indigo tiba-tiba Nge-trend itu menurut pengakuan dari Lee carroll & Jan tobber (dalam The Indigo Children, tentunya) terjadi karena pada beberapa tahun belakangan (sekitar 1980an-1990an) bermunculan kasus-kasus anak yang memiliki perilaku berbeda, merata diseluruh dunia, dimana kesemuanya menunjukkan 10 ciri yang telah disebutkan dalam artikel.

      jelas masalah ini sangat ditentang oleh beberapa kalangan di Indonesia karena banyak pihak dari agamawan dan juga akademisi yang melihatnya sebagai sesuatu yang tidak berdasar, bahkan meng-ada-ada, atau yang lebih parah sebagai sebuah pembenaran belaka dan bukan kebenaran. namun mencoba untuk mempelajari dan juga membuka pikiran setidaknya menjadikan kita manjadi lebih kaya dalam bersudut pandang. :)

    • Reply September 14, 2009

      vendy

      kalau memang demikian adanya, dengan mengesampingkan tema spiritualitas, dari sisi psikologi, adakah kemungkinan bahwa anak indigo sama seperti anak biasa, hanya saja, metode pendidikan dari orang tuanya yang, mungkin, berbeda? dari segi fisik, adakah yang berbeda? maksudnya setelah brain scan atau semacamnya?

    • mynameisnia
      Reply September 14, 2009

      mynameisnia

      Berarti selama ini ‘kan tema indigo itu sendiri masih berupa kasus per kasus?

      Kalau ini gak empiris.. apa kabarnya psikologi transpersonal? Hehe.

    • Reply September 15, 2009

      vendy

      @Nia: mungkin nyenggol MPD ga? :P

    • amarilldo
      Reply September 15, 2009

      amarilldo

      @Vendy:

      untuk tema spritualitas sendiri sudah masuk kedalam bahasan psikologi sejak humanistik ala Maslow dengan yang ia sebut dengan ‘pengalaman puncak’, lalu berkembang dan menjadi mazhab baru yang merupakan psikologi transpersonal.

      keberadaan psikologi transpersonal sendiri menjadikan pembahasan tentang supranatural ala indigo menjadi afdol-afdol saja hingga saat ini, bahkan buku-buku psikologi sekarang banyak yang menyentuh tema spiritualitas secara gamblang, dimana banyak berjauhan dengan ritualitas (agama).

      anak Indigo tidak berbeda secara fisik dengan anak biasa namun, ibarat komputer, software-nya saja yang berbeda, jika menurut pada Lee carol dan Jan Tobber, maka ibarat 2 komputer dengan prosesor Intel Core2Duo, namun yang satu berisikan Win Xp dan yang lain Win Vista. demikiannya manusia yang terdiri dari 2 elemen yaitu jiwa dan raga.

      kalau pola pendidikan yang berbeda jelas didapat pada setiap orang karena dalam pengamatan, beda orang tua maka beda gaya mendidiknya, hanya saja ilmu psikologi membagi gaya pendidikan dalam beberapa model. untuk kasus anak Indigo disebutkan terjadi merata didunia dan dalam kurun waktu yang bersamaan.

      untuk multiple personality disorder (MPD) sendiri bukan hanya sering dituduhkan kepada anak-anak ini, namun juga bersamaan dengan ADD, ADHD dan juga Autis. para kalangan psikolog pada jaman belum dibahas secara mendalam tentang permasalahan anak indigo seringkali melakukan banyak kesalahan dalam hal diagnosis terhadap mereka.
      :)

    • Reply September 18, 2009

      vendy

      berarti, dengan kata lain, anak indigo memiliki faktor X yang masih belum diketahui dengan jelas asal-usulnya?

    • amarilldo
      Reply September 23, 2009

      amarilldo

      @Vendy: saya meminta maaf karena lama membalas pertanyaan ini, maklum masih suasana lebaran… :)

      yup dari sudut positivistik yang mencari unsur materi dalam suatu kejadian dapat dikatakan tipis untuk kebenarannya, karena faktor cahaya yang keluar dari dalam tubuh sendiri (aura) banyak yang menentang, walau bukan datang dari kubu positivistik. namun beberapa hal ada juga yang membuat mereka berbeda adalah keadaan dalam diri mereka sendiri yang disebut jiwa, dimana mereka menunjukkan perilaku yang jauh berbeda dari anak-anak sebelumnya, sebuah atribut psikologis yang muncul dari tindakan mereka.

      dalam psikologi transpersonal yang menitik beratkan perhatian manusia sebagai makhluk yang dapat dikatakan “bukan manusia” namun kita adalah makhluk yang hanya memiliki “pengalaman sebagai manusia”, merupakan pembelaan terbaik dari apa yang dimiliki oleh para Indigo, dimana mereka yang dikatakan sakit (autis, adhd, add, mpd dll) oleh para psikiater dan psikolog positivis atau mereka yang membutuhkan pembuktian secara kongkrit, dimana wujud perilaku yang jelas-jelas berbeda dari anak indigo tidak dapat dijadikan bentuk pembuktian.

      kalau penyebab, dapat dikatakan mereka muncul sebagai bentuk dari evolusi manusia, dalam The Indigo Children dikatakan mereka muncul sebagai suatu evolusi manusia dalam bidang kesadaran dimana terbentuk untuk menghadapi teknologi yang semakin canggih dan perubahan yang semakin cepat dimasa yang akan mendatang. penyebab kemunculan mereka sebenarnya bermacam-macam, namun yang saya sebutkan ini adalah yang paling saya yakini.

    • Reply October 6, 2009

      dea

      sewaktu kecil saya termasuk orang yang paling susah diatur…
      sampai2 dibawa kekamar mandi kemudian disiram air oleh ortu saya, karena saya tak mw ikuti aturanyya..
      contohnya..untuk bangun pagi untuk sekolah…

      saya juga sering melihat hal-hal aneh, tapi saya tidak bisa mengungkapkanya ke orang2 sekeliling saya..

      saya juga sangat tertutup…bahkan saat saya tertabrak motor waktu SD saya tidak bercerita pada ortu saya..

      saya termasuk orang yang susah berkomunikasi…bahkan dengan keluarga sekalipun..

      terkadang mulut saya berbicara tanpa sadar apa yang saya katakan…

      tapi semua itu hilang semenjak saya bertemu teman2 yang dapat membuat saya percaya diri dan dapat berkomunikasi lebih baik, itu sewaktu saya kelas 3 smp..

      apakah saya termasuk anak indigo??

    • amarilldo
      Reply October 7, 2009

      amarilldo

      @Dea: bisa jadi kamu salah satu anak indigo namun juga bisa saja kamu bukan, bagi saya sendiri apakah seseorang indigo atau tidak bukanlah persoalan utama dari pelabelan yang terjadi, namun lebih kepada apa yang dapat mereka lakukan terhadap dunia dimana mereka terlahir…

      ibarat seperti seseorang yang memiliki palu namun tidak menggunakan palu tersebut maka apa yang disebut sebagai palu maka hanya akan menjadi palu tanpa pernah berfungsi… :))

      untuk masalah masa lalu kamu mungkin bisa saja sebagai sebuah bentuk perkembangan kepribadian dimana kamu yang tadinya pendiam dan tertutup akhinya dapat belajar untuk menjadi lebih baik dengan bantuan teman-teman kamu tentang apa itu rasa saling percaya….

      intinya tidak penting apakah kita ini indigo atau tidak, namun lebih kepada tujuan para indigo tersebut, apakah kita sudah melakukan yang terbaik dalam kehidupan kita dengan segala berkah yang telah dicurahkan kepada kita….

      thx

    • Reply January 15, 2010

      norin

      yup, bnar skali..
      pmasalahn mnyangkut apkh diri kita indigo atau tdak, bukanlah swt hal yg pnting u dpermsalahkan. syapapun diri kita, bbwat baik lah yg paling pnting..
      ,,
      u org2 yg beridentitas jiwa indigo..
      indigo: karunia atau kutukan, it kita yg mnentukan. jalani khidupan ini pnuh rasa syukur thd apa yg TUHAN berikan pada kita.. prcayalah, bahwa TUHAN it MAHA BAIK..

    • Reply January 20, 2010

      no name required

      Ada yang menarik. Kalo ngeliat google trends, query data tentang anak indigo mulai naik tahun 2008. Kira2 apa penyebabnya ya?

      http://www.google.com/trends?q=anak+indigo

    • Reply April 18, 2010

      free

      saya punya k10 sifat tadi, termasuk indigo atau emang orang asal2an

    • Reply May 17, 2010

      Maria

      Syh kmrn2 ada yg blg kalo perlakuan sy saat kcl agak aneh ato bda dr ank kcl laen.krn sk menyendri, brmain sndri dr pd brmain bsma tman. Dn sy dulu sering bpkr tntg kesengsara an n pndrta an dusia 3thn. Pdhl shrzny sy g ingat n g bpkr sjauh it. Wkt th sy sering bs menebk seswtu sblm trjdi, n frasat2.. Seperti kbkrn n kecelaka an, menebak wjah org hny dgr crta tntg org tsb..mengtahui gambrn tmpt suatu tmpt wlw blm pnh ksn..meranjak dwsa, lbh bnyk brgaul, mulai brani brbuat jahat, kmampuan th ilang scra sndriny, jd sy smpulkn sndri indigo biasany trkna pd yg msi polos.? Menurt sy Jman dulu bnyk ank indgo n hal2 menakjubkn laenny, tpi cz perkmbgn zaman n bnyk akal2 jahat manuzia jd hmpr trzmbunyi. Ni menurud sy aja loh. . :)

    • Reply May 24, 2010

      Galih

      numpang comment nih..ada benernya jg pendapat sprti itu.”status” indigo mngkn lbh banyak melekat pd manusia “kecil” dan saat mereka tmbuh dewasa lingkunganlah yg akan menentukan apakah akan tetap indigo/nggak

    • Reply June 20, 2010

      Iin Khoirunnisa

      Anak indigo merupakan salah satu tanda kebesaran Allah dalam menciptakan manusia. Anak-anak indigo bukanlah anak-anak yang harus dijauhi, mereka memerlukan perhatian yang khusus dari orang-orang di sekitarnya..

    • Reply June 20, 2010

      Yayang

      Maha besar Allah yang telah menciptakan semua manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya.. dengan segala keunikan dan potensi yang ada dalam dirinya.. tinggal bagaimana kita bisa menerima keadaan kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya dan lingkungan terdekat (keluarga) dapat menerima keadaan kita juga apa adanya..dengan demikian dengan dukungan dari dalam diri dan keluarga dapat membawa dampak positif bagi

    • Reply June 20, 2010

      Yayang

      Maha besar Allah yang telah menciptakan semua manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya.. dengan segala keunikan dan potensi yang ada dalam dirinya.. tinggal bagaimana kita bisa menerima keadaan kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya dan lingkungan terdekat (keluarga) dapat menerima keadaan kita juga apa adanya..dengan demikian dengan dukungan dari dalam diri dan keluarga dapat membawa dampak positif bagi tumbuh kembangnya..

    • Reply October 21, 2010

      IRFAN

      kalau baca tentang indigo aku kok agak bingung ya. aku juga pernah membaca di artikel yang lain tentang indigo. dari 10 ciri yang disebutkan, ada 6 yang aku rasa sama pada diriku? gimana ini ? aku takut !

    • Reply February 18, 2011

      183Y

      JANGAN TAKUT UNTUK MENJADI INDIGO
      “Akal Pikiran adalah salah satu bentuk kebesaran Tuhan yang diciptakan hanya untuk manusia, akan tetapi terkadang manusia sering tidak menyadarinya dan terlena hanya kepada bentuk materi yang tampak oleh “mata fisik saja””
      INDIGO hanya penamaan saja bagi mereka yg memiliki kelebihan tertentu dibanding orang biasa.
      -Bukankah Einstein juga seorang INDIGO?
      -Bukankah T.A Edison juga seorang INDIGO?
      -Bukankah S.Hawking juga seorang INDIGO?
      -Bukankah Ibnu Sina seorang INDIGO?
      Siapakah yang mengajari(guru)mereka?Pola pendidikan apakah yg diterapkan oleh Orang tua mereka?Bagaimanakah lingkungan mereka?
      Pada akhirnya hasil dari buah pikiran merekalah yang sampai saat ini kita rasakan manfaatnya

    • Reply August 3, 2011

      Niko_88

      @ Author:
      mau tanya2 tentang artikel “indigo child” yah,

      1. ada test secara ilmu psikologinya ga yah? dan penilaian yang seperti apa (dalam konteks test tersebut) sehingga anak bisa dikatakan indigo, hyperaktif, add, adhd atau lainnya?

      2. ada 10 atau 11 kelebihan anak yg dikatakan sebagai anak indigo, apakah kelebihan2 tersebut bisa dilatih atau ditingkatkan? bagaimana caranya?

      3. saya pernah membaca “perlakuan khusus” dari orang tua yang punya anak dengan bakat ‘indigo’ bila “perlakuan khusus” ini tidak dilakukan, apa efeknya bagi anak indigo tersebut?

      terima kasih sebelumnya

    • Reply September 29, 2011

      ami

      perbedaan antara anak indigo dengan anak-anak yang lainnya hanya pada tingkat kesadaran dan sensitifan yang berhubungan dengan dimensi spiritualitas…. mereka di beri kelebihan dan kemampuan menangkap gelombang pada frekuensi lemah yang menjadikan mereka dekat dengan hal-hal spiritualis n metafisik, dan dari kelebihan mereka itu sebenarnya di tujukan agar mereka bisa ‘berkomunikasi’ dengan pencipta dan dengan alam.
      tapi untuk kemampuan berkomunikasi dengan alam dan pencipta mereka yang berfrekuensi sangat rendah, mereka membutuhkan kondisi kejiwaan yang tenang dan memasuki trnce mode yang membuat mereka terlihat seperti anak autis yang memiliki alam dan dunia mereka sendiri.
      dan dilain sisi mereka terlihat seperti anak ADD karena kerja otak mereka terlalu aktif, jadi secara kasar otak mereka mampu berpikir 2 atau lebih dalam waktu dan saat yang bersamaan.
      dan dari kelebihan dan kesensitifan yang mereka miliki membuat mereka mampu untuk melakukan telepati dan mind reading yang pada kenyataannya manusia berpikir mengeluarkan gelombang dan frekuensi.

      tapi di balik kelebihan2 yang dimiliki oleh para indigo yang sering di agung-agungkan oleh sebagian orang, mereka sebenarnya tersiksa dan sakit, karna mereka harus berupaya mengelola perasaan mereka agar tidak ikut larut dengan rasa sakit / penderitaan yang secara tidak sengaja ter-telepati oleh mereka. dan adajuga mereka terlahir indigo karena tuhan memberikan mereka kelebihan itu demi kelangsungan hidupnya karna tidak sedikit mereka yang terlahir indigo memiliki kekurangan / abnormalitas pada tubuh mereka, karena mereka yg indigo memiliki kemampuan bertahan hidup dan kelebihan energi 2-3x dari orang pada umumnya.

      that’s just my opinion dari pengalaman saya dan dari pengalaman berinteraksi dengan para indigo…

      mungkin yang aneh dari para indigo adalah mereka memiliki intuisi dan ilmu yang mereka ketahui padahal mereka tidak pernah mempelajarinya, jadi kalau di tanya kenapa mereka bisa tau mereka hanya bisa jawab tau aja hehe… :)

    • Reply October 3, 2011

      Bee

      ada anak yang katanya bisa liat mahluk2 halus….apa itu indigo?
      mnrt sy indigo bukan bagian dari psikologi karena tidak dpt dibuktikan scra empiris melalui metode2 dalam ranah psikologi. Tidak ada alat tes psikologi yang menegakkan diagnosa bahwa seorang anak adalah indigo.

    • Reply March 10, 2014

      Herjan Macan

      Hmmm…. ::

      • Ramadion Syam
        Reply March 13, 2014

        Ramadion Syam

        Macan mah harusnya mengaum, dong. Jangan, “hmmm…”, hehe..

    Leave a Reply